5 Apr 2011

Bitmap dan Vektor

Secara garis besar grafis dibedakan menjadi 2 yaitu grafis yg dibuat manual dan dan grafis yg dibuat dengan media elektronik.Grafis yg dibuat secara manual diantaranya gambar,lukisan,sketsa sedangkan gambar yg diolah dengan program computer seperti halaman web,foto dll termasuk ke dalam grafis yg dibuat dengan media elektronik.Grafis yg dibuat dengan media computer tersebut dibagi menjadi  dua macam yaitu gambar BITMAP dan VEKTOR.Berikut adalah penjelasan tentang keduanya.





BITMAP
Gambar bitmap adalah suatu gambar yg terbentuk dari sekunpulan titik yg sangat kecil dan tersusun rapi dalam suatu petak2 yg tak terlihat,petek2 ini sering disebut juga sebagai raster.Kita pernah mendengar istilah me-raster gambar,itu berarti mengubah gambar vector menjadi gambar bitmap.Titik2 yg membentuk gambar bitmap disebut juga pixel,sehingga gambar bitmap disebut juga sebagai gambar yg berdasarkan pixel(pixel based image/graphic).Semakin banyak titik yg tersusun untuk membentuk gambar bitmap akan semakin jelas detail dari gambar dan semakin besar pula ukuran filenya.
Kualitas tampilan gambar bitmap pada layar monitor sangat dipengaruhi oleh resolusi monitornya.Semakin tinggi resolusi monitornya,semakin jelas detail gambar yg ditampilkan.Format bitmap sangat cocok untuk gambar2 yg memiliki banyak detail kecil dan rumit serta warna yg sangat beragam,misalnya untuk menampilkan foto2.Satu kelemahan gambar bitmap selain ukuran filenya yg besar adalah kualitas tampilan yg akan menurun ketika ukuran gambar diperbesar.Gambar bitmap yg tampilannya diperbesar akan terlihat buram.Bahkan jika terus diperbesar yg terlihat hanyalah persegi2 berwarna-warni sampai tak seorang pun dapat menebak gambar apa yg sebenarnya terlihat.


VEKTOR
Berbeda dengan gambar bitmap,gambar vector tidak berubah kualitas ketajamannya ketika tampilan diperbesar hingga ukuran berapapun.Itu disebabkan karena gambar vector terbentuk dari kumpulan kalimat atau persamaan matematika yg membentuk gambar  vector disebut sebagai path.
Proses pengubahan ukuran suatu gambar vector mudah dan tidak membutuhkan waktu lama,karena prosesnya lebih sederhana dibanding gambar bitmap.Misal,suatu path yg berupa garis lengkung atau kurva terbuka yg merupakan hasil tampilan dari persamaan parabola akan diperbesar ukurannya.Untuk memperbesarnya ,computer cukup mengubah beberapa variable tertentu dari persamaan parabola tersebut tanpa perlu memperbesar ukuran file.Berbeda dengan perbesaran gambar bitmap yg membutuhkan penambahan ukuran filenya pula.




About Author :

Hai nama Saya Muhammad godc, Saya adalah seorang Blogger, Author dan Freelance. Ditengah kesibukan saya selalu menyempatkan diri untuk menulis tutorial di Blog ini. Saya telah menerbitkan beberapa buku Photoshop.

Related post:

2 comments:

  1. Sebetulnya transformasi gambar pixel bisa diatur agar tetap tajam tergantung pada metode interpolasinya. Ada di setting Preferences Photoshop.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih tipsnya dan udah mampir ke sini Bang Jeprie..

    ReplyDelete

Berlangganan via email

Subscribe via RSS Feed Jika Anda suka dengan artikel di Blog ini klik disini, atau berlangganan untuk mengikuti berita terbaru dari Lordgodc Art. GRATIS.

Temui kami di Facebook

Designed ByBlogger Templates