26 Oct 2013

Tips sebelum membawa desain ke biro percetakan

Pada kesempatan ini kita akan membahas bagaimana tips sebelum membawa desain ke biro percetakan. Ada kalanya kita ingin mencetak desain ukuran besar seperti Spanduk, Baliho, Backdrop dll. Kita membutuhkan jasa percetakan karena mesin cetak ukuran besar jutaan rupiah harganya. Nah kali ini saya ingin berbagi tips sebelum membawa desain ke biro percetakan tersebut.








Corel draw adalah salah satu software yang sering digunakan untuk percetakan selain Illustrator, saya sering menggunakan Corel dalam hal cetak mencetak apalagi dalam ukuran besar. Untuk mengolah gambar bitmap bisa menggunakan Photoshop tapi finishing akhir tetap menggunakan Corel draw.


1.Tidak semua font yang terinstal di computer kita juga terinstal di computer jasa cetak, Biasanya akan muncul peringatan “Missing font” artinya font yang kita gunakan belum terinstal di computer itu.
untuk menyiasatinya kita bisa melakukan ini:

-Cara manual : Kita bisa mengcopy semua jenis font yang kita gunakan ke dalam satu folder.

-Kalau tidak ingin repot Corel mempunyai fitur agar font yang kita gunakan secara otomatis tercopy dalam satu folder. Berikut ini caranya:

Klik menu File > Prepare For Service Bureau..



Akan muncul kotak dialog, kamu Pilih Gather all files associated with this document lalu klik next.



Di kotak dialog berikutnya akan muncul semua font yang kita gunakan dalam desain, pilih Copy fonts lalu klik next.



Pada kotak dialog berikutnya beri centang pada Generate PDF file lalu klik next.



Pilih lokasi penyimpanan dengan mengklik tombol Browse, lalu klik Next.



Tunggu hingga proses selesai.


Klik Finish untuk mengakhiri proses ini.



 2.Selain cara di atas kamu juga dapat mengconvert font menjadi kurva, caranya pilih/seleksi teks lalu klik kanan pilih Convert To Curves.



Catatan: Cara ini yang sering saya gunakan, simpan file asli dan file convert, apabila ada kesalahan kita bisa mengedit pada file asli.



3.Cek objek atau teks pada desain yang berwarna hitam, karena warna hitam pada Corel tidak benar-benar 100% hitam, untuk merubahnya kita seleksi / pilih objek lalu klik ganda pada Fill Color dibawah kanan area kerja maka akan muncul kotak dialog, ubah nilai CM dan Y menjadi 100.




4.Simpan file CDR ke Corel draw versi rendah karena kalau kamu simpan menggunakan versi terbaru sedangkan percetakan menggunakan Corel versi lama file tidak akan dapat dibuka.


5.Export file dengan Format tiff. Karena percetakan sering menggunakan format ini.


Demikianlah tips sebelum membawa desain ke biro percetakan, semoga bermanfaat. Apabila kamu mempunyai tips selain yang diatas bisa menulisnya di kolom komentar.





About Author :

Hai nama Saya Muhammad godc, Saya adalah seorang Blogger, Author dan Freelance. Ditengah kesibukan saya selalu menyempatkan diri untuk menulis tutorial di Blog ini. Saya telah menerbitkan beberapa buku Photoshop.

Related post:

4 comments:

  1. terimakasih gan bisa dibuat referensi desainnya,
    bagus dan keren desainnya

    ReplyDelete
  2. tanya mas, untuk mencetak baner atau baliho?, setting warnanya lebih baik menggunakan RGB atau CMYK?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hasil cetak terbaik menggunakan warna CMYK

      Delete

Berlangganan via email

Subscribe via RSS Feed Jika Anda suka dengan artikel di Blog ini klik disini, atau berlangganan untuk mengikuti berita terbaru dari Lordgodc Art. GRATIS.

Temui kami di Facebook

Designed ByBlogger Templates