12 Oct 2014

Kisah Andre Surya Digital animator 3D Indonesia

Andre Surya adalah satu-satunya digital artist asal Indonesia di Divisi Industrial Light And Magic (ILM) Lucas Film Singapur, Lucas film adalah satu production company tersukses di dunia yang didirikan oleh George Lucas pada tahun 1971.









     Andre Surya lahir di Jakarta 1 Oktober 1984, sejak kecil Andre sudah tertarik dengan 3D, ia mulai mengenal Computer Graphic sejak duduk di kelas 1 SMA. Andre kuliah di Universitas Tarumanegara mengambil jurusan Desain Komunikasi Visual namun sayang kuliahnya hanya bertahan 1 tahun karena dia mendapatkan pekerjaan di Polaris 3D sebuah perusahaan Advertising and Architectural Visualization di Jakarta.

    Akhirnya Andre melanjutkan kuliahnya di Kanada mengambil Diploma di bidang film dan special efek di Vanart, sebuah sekolah film di Vancouver, ia mengatakan sebagian besar pengetahuan dan keterampilan 3D nya justru di pelajari secara otodidak tanpa training dan sekolah.

     Sewaktu kuliah Andre mempunyai impian bekerja di industry film dan mengerjakan visual efek untuk film besar dan melihat namanya muncul di credit title film. Kini semua impiannya benar-benar terwujud namanya muncul di kredit film Hollywood seperti Iron Man, Star Treck, Terminator Salvation, Transformers : Revenge of the fallen, Iron Man 2 dll.

     Perjalanan cukup panjang yang ditempuh untuk bekerja di Lucas film, sejak wawancara pertamanya sampai akhirnya diterima di Lucas film sekitar 6 bulan. Awalnya Andre wawancara di Ottawa Kanada, lalu wawancara lewat telepon oleh Lucas film Singapore dan ada wawancara kedua, baru setelah itu dia di kabari kalau ia di terima bekerja di Lucas film.

     Kemampuan lighting adalah keterampilan terbaik miliknya, terbukti ketika dia menangani proyek feature film pertamanya Iron Man, Andre mengerjakan bagian lighting saat Iron Man terbang pertama kali. Andre mengatakan film yang pernah dikerjakan dan paling berkesan adalah Transformers : Revenge of the fallen karena sebagian besar tugasnya di proyek itu adalah mengerjakan lighting. Film favoritnya saat ini adalah Avatar karena menurutnya secara teknologi film itu paling baik.

     Andre telah beberapa kali mendapatkan penghargaan baik lokal maupun internasional, contohnya gambarnya yang berjudul Some where in the sky pernah di tampilkan di CG OVER DRIVE, konferensi Computer Graphic terbesar di Asia, gambar itu juga memenangkan Excellence Award dibuku Elemental 2 terbitan Balistic publishing dan Best Art Work Awards di Indocg show off book, sebuah buku kumpulan CG Art Indonesia. Lalu ia memenangkan juara 1 di Future World Contest di www.3dkingdom.org




 
     Kini Andre keluar dari Lucas film dan kembali ke Indonesia untuk membuat sebuah studio khusus animasi, harapannya untuk memajukan animasi di Indonesia.

     Menurutnya Indonesia juga mampu membuat sebuah film yang berkualitas standar internasional, karena ia kenal dengan beberapa orang Indonesia yang sangat berbakat yang mempunyai skill bertaraf internasional yang bekerja di perusahaan-perusahaan besar di bidang 3D di luar negeri, jika mereka semua balik ke Indonesia dan membuka satu perusahaan dengan kualitas standar internasional bukan tidak mungkin Indonesia juga mampu membuat film yang berkualitas.




     Demikianlah kisah seputar Andre Surya Digital Animator 3D asal Indonesia yang sukses di luar negeri. Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda tertarik mengikuti jejaknya?


Artikel populer lainnya :
Preview film Garuda Superhero Indonesia.
Desainer kampung go internasional.
Inspirasi karya seni vexel x vektor.
Dvd tutorial Smart Design Photoshop dan Corel Draw
17 poster karakter dari film The Hobbit.


Terima kasih.





About Author :

Hai nama Saya Muhammad godc, Saya adalah seorang Blogger, Author dan Freelance. Ditengah kesibukan saya selalu menyempatkan diri untuk menulis tutorial di Blog ini. Saya telah menerbitkan beberapa buku Photoshop.

Related post:

No comments:

Post a Comment

Berlangganan via email

Subscribe via RSS Feed Jika Anda suka dengan artikel di Blog ini klik disini, atau berlangganan untuk mengikuti berita terbaru dari Lordgodc Art. GRATIS.

Temui kami di Facebook

Designed ByBlogger Templates