15 Nov 2014

12 tips menjadi Desainer grafis freelance


Sebuah keputusan besar bila Anda memutuskan untuk menjadi Desainer grafis freelance. Anda akan menjadi bos untuk diri Anda sendiri, namun terkadang kita menjadi terbuai dengan kebebasan yang kita miliki sehingga kehidupan menjadi tidak teratur. Berikut ini 12 tips untuk menjadi Desainer grafis freelance.




 

 

 

 

 

1. Kesehatan adalah prioritas

Apapun profesi Anda kesehatan adalah hal yang utama, jaga pola kehidupan Anda. Se-kreatif apapun Anda kalau tidak sehat akan menjadi kendala. Luangkan waktu untuk berolah raga atau liburan bersama-sama keluarga ke tempat yang jauh dari polusi seperti puncak, pantai, pegunungan dll.

Source

 

2. Kreatif

Seorang Desainer grafis freelance dituntut untuk lebih kreatif dibanding dengan Desainer “Kantoran” karena kita akan menemui banyak klien yang mempunyai keinginan yang berbeda-beda, kita harus mampu memvisualkan apa yang mereka inginkan dan butuhkan.

Source

 

3. Membuat Blog

Jangan menjiplak Blog milik orang lain karena Anda anggap baik, ini sangatlah penting bahwa Blog Anda menunjukan siapa Anda dan apa yang Anda kerjakan. Dengan membuat Blog, Anda memastikan kemampuan Anda kepada calon klien. Dengan Blog Anda dapat mudah dikenali, Anda dapat meningkatkan dan mengembangkan kemampuan yang Anda miliki. Calon klien pun akan lebih yakin dengan pekerjaan yang Anda lakukan dan dapat dengan mudah menghubungi Anda lewat  menu kontak yang ada di Blog.

 

4. Bergabung dengan komunitas

Menjadi member sebuah komunitas desain menjadi anjuran yang sangat baik, karena disana Anda akan mengenal banyak orang yang sepaham dengan Anda, ini kesempatan Anda untuk “meng-upgrade” kemampuan Anda, menjalin hubungan dengan sesama member merupakan salah satu kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang di inginkan.

Source

 

 

5. Gunakan social media

Menurut saya social media yang paling baik untuk tempat promosi adalah Facebook dan Twiter, dengan member yang begitu banyak Anda dapat saling berinteraksi, tak jarang order desain datang dari Sosial media ini.

Source

 

6. Mengatur waktu

Tahu kapan harus memulai dan berhenti, Anda harus mempersiapkan diri untuk bekerja lembur untuk mempertahankan reputasi sebagai Desainer freelance, namun ingat pentingnya bahwa memiliki waktu luang untuk me-refresh pikiran Anda. Semakin Anda memporsir waktu Anda untuk bekerja sekaligus, maka akan semakin kurang produktif yang Anda dapatkan , ingat mengatur waktu kapan Anda harus memulai pekerjaan dan berhenti.

 

7. Menjadi kolektor

Ambil dan simpan sesuatu yang Anda anggap dapat menginspirasi, koleksi gambar-gambar dari internet yang dapat merangsang ide Anda, simpan majalah, brosur, kartu nama, undangan, buku, cover CD dll karena dengan itu Anda dapat belajar mengenai layout, tipografi dan komposisi gambar, selain itu Anda juga mendapatkan ilmu tentang kesesuain warna.

 

8. Jadilah pembaca

Sudah sangat jelas membaca dapat meningkatkan pengetahuan kita terhadap banyak hal, membaca juga dibutuhkan oleh desainer grafis karena pekerjaan Anda membutuhkan inovasi yang mengikuti perkembangan zaman. Untuk membuat konsep desain dibutuhkan pengetahuan tentang apa saja yang menjadi tren saat ini.

Source

 

9. Belajar untuk mengatakan TIDAK

Jika Anda tidak punya waktu untuk klien lain karena banyaknya pekerjaan yang belum selesai, Anda bisa mengatakan tidak, ini penting untuk Anda sadari dan memberikan keadilan untuk diri Anda sendiri. Pelayanan terbaik untuk klien adalah sesuatu keharusan, Anda tidak mungkin melayani semua klien dengan waktu yang terbatas.

Source

 

10. Keep clean

Kenyamanan bekerja menjadi poin utama dalam keberhasilan Anda, bayangkan bila tempat Anda kerja kotor, Anda tidak akan merasa nyaman. Ingat berantakan bukan berarti kotor, karena sampai saat ini yang saya rasakan adalah tempat kerja yang berantakan tetapi tidak apa-apa karena berantakan merupakan tanda bahwa Anda orang kreatif.

Source


 

11. Kelola keuangan

Menjadi freelance adalah menjadi rentan terhadap perubahan pasar, saya sarankan untuk menghemat sedikit pendapatan Anda setiap bulannya dengan menyimpannya dalam tabungan sendiri sebagai penyangga pada saat-saat sulit, saya yakin Anda tidak akan menyesal melakukan ini.

 

12. Jadikan kesalahan sebagai proses belajar

Sehebat apa pun Anda kesempatan untuk berbuat salah pasti ada. Sikapi kesalahan dengan bijak, jadikan kesalahan sebagai pembelajaran agar tidak terulang dikemudian hari, lakukan yang terbaik untuk klien Anda. Lakukan hal-hal baru yang tentunya akan menjadikan Anda sebagai desainer grafis yang hebat.




About Author :

Hai nama Saya Muhammad godc, Saya adalah seorang Blogger, Author dan Freelance. Ditengah kesibukan saya selalu menyempatkan diri untuk menulis tutorial di Blog ini. Saya telah menerbitkan beberapa buku Photoshop.

Related post:

No comments:

Post a Comment

Berlangganan via email

Subscribe via RSS Feed Jika Anda suka dengan artikel di Blog ini klik disini, atau berlangganan untuk mengikuti berita terbaru dari Lordgodc Art. GRATIS.

Temui kami di Facebook

Designed ByBlogger Templates