17 Dec 2014

Sejarah singkat tentang brosur dan cara membuatnya.

Brosur bukan hanya selembar kertas, brosur itu bersosok yang mampu menginformasikan produk, program atau layanan secara terperinci. Brosur sangat membantu dalam upaya pemasaran atau public relation.










Brosur disusun secara bersistem yang terbitannya tidak berkala yang terdiri atas beberapa halaman dan dilipat tanpa jilid. Biasanya brosur dibagikan gratis kepada masyarakat dengan tujuan tertentu.

 

Sejarah singkat tentang brosur


Pada zaman dahulu orang mempromosikan sesuatu dengan cara berteriak-teriak, biasanya tempat yang strategis untuk melakuannya di tempat-tempat yang ramai seperti pasar atau gerbang kota. Lambat laun cara ini mulai ditinggalkan karena banyak menguras tenaga dan tidak efektif, informasi yang disampaikan menjadi terbatas.

Awalnya iklan tertulis di temukan pada peradaban Yunani kuno, yaitu mempromosikan tentang budak yang lari dari majikannya atau pengumuman pertandingan Gladiator, pada saat itu iklan/brosur masih berupa surat edaran. Lambat laun ditemukan konsep brosur dengan tulisan tangan, dimana brosur tersebut dicetak dalam kertas yang cukup besar, konsep ini diaplikasikan di Inggris.

Tercatat iklan tertulis berupa brosur dan poster pertama kali di dunia cetak di Inggris pada zaman Imperial Intelligencer pada tahun 1648 hingga 1850-an dan cukup berkembang diseluruh Eropa. Bisnis percetakan brosur dan poster pada saat itu berkembang terutama untuk mengiklankan produk barang dagangan . Pada tahun 1880-an banyak agen yang memproduksi brosur untuk iklan secara massal. Pada abad 20 manajemen periklanan mulai ditetapkan sehingga semuanya terorganisir dengan baik.

Di Indonesia brosur mulai dikenal pada tahun 1870, yakni digunakan untuk promosi perusahaan secara komersial. Brosur pertama kali ada dari perusahaan Belanda. Walaupun brosur saat itu masih sederhana , namun telah dikenal alat cetak brosur secara massal. Pada era 1930 hingga 1942, brosur mulai berkembang pesat di Indonesia.

 

Cara membuat brosur agar menarik


Biasanya brosur dibuat sedemikian rupa sehingga dapat menarik mata semua orang. Bahkan ada sebuah pendapat bahwa rata-rata ketika seseorang melihat sebuah iklan/brosur dibutuhkan beberapa detik. Maka dari itu pembuatan iklan/brosur harus memenuhi unsur seperti dibawah ini :

1. Membuat judul yang menarik semua mata agar secara sekilas orang akan terkesan dan akan membaca kembali hingga mengerti maknanya. Judul brosur harus ditulis dengan ukuran besar dan menggunakan jenis font yang unik dan warna yang mencolok. Akan lebih baik judul tersebut tidak terlalu panjang, walau singkat namun dapat mewakili sifat produk atau informasi program.

2. Menyisipkan foto atau gambar produk misalnya brosur sekolah biasanya didepan brosur terpampang foto dua orang siswa dan siswi dengan wajah cerah atau foto gedung sekolah yang bersangkutan. Namun untuk memilih foto atau gambar tidaklan sembarangan melainkan harus disesuai dengan informasi dari brosur atau produk, juga harus mempertimbangkan mengenai format foto dan gambar dengan resolusi yang sesuai.

3. Menentukan warna yang mendominasi, warna juga berpengaruh terhadap tampilan produk brosur misalnya untuk produk makanan, maka kita memilih warna yang penuh semangat misalnya merah, kuning atau jingga. Untuk produk kosmetik bisa memilih warna putih atau merah muda karena konsumennya adalah kaum hawa. Pilihan warna ini menyangkut konsumen yang akan dituju sehingga menarik perhatian sesuai dengan segmen yang berbeda-beda.

4. Cantumkan informasi detail produk. Misalnya menyangkut kegunaan dan keunggulan sebuah produk yang ditawarkan, informasi detail produk disusun dengan teks yang menarik dan warna yang mencolok sehingga konsumen merasa jelas dengan informasi yang tercantum.

5. Gunakan efek dan ornament yang khas. Menambahkan contour pada teks judul akan membuat brosur tampil menarik. Selain itu juga dapat menambahkan ornament seperti oval, bintang, ellips atau tanda panah. Hal ini untuk mempertegas teks judul.

Berikut ini video pembuatan brosur lipat tiga menggunakan adobe Illustrator :


Demikianlah sejarah singkat tentang brosur dan cara membuatnya dengan Adobe Illustrator, semoga memberi inspirasi buat Anda. Terima kasih sudah mengikuti artikel-artikel dari Lordgodc Art, ikuti update terbaru melalui hp Android download aplikasinya disini.


Source
Buku "Rahasia pembuatan brosur dan poster dengan CorelDraw X4"




About Author :

Hai nama Saya Muhammad godc, Saya adalah seorang Blogger, Author dan Freelance. Ditengah kesibukan saya selalu menyempatkan diri untuk menulis tutorial di Blog ini. Saya telah menerbitkan beberapa buku Photoshop.

Related post:

No comments:

Post a Comment

Berlangganan via email

Subscribe via RSS Feed Jika Anda suka dengan artikel di Blog ini klik disini, atau berlangganan untuk mengikuti berita terbaru dari Lordgodc Art. GRATIS.

Temui kami di Facebook

Designed ByBlogger Templates