24 Dec 2014

Teknik yang sering digunakan pada desain cover Majalah

Pernahkah kamu melihat secara detail desain cover majalah? kali ini kita akan ditunjukan teknik yang sering digunakan pada desain cover majalah. Langsung saja ya kita ikuti tutorialnya.











Sebelumnya kita lakukan riset dengan menggunakan bantuan Google image, ketik kata kunci "Cover majalah" lihat dan perhatikan gambar-gambar yang ditampilkan, kurang lebih seperti ini :


Teknik yang akan kita bahas sekarang adalah desain cover majalah yang saya beri lingkaran merah yaitu menyisipkan teks dibelakang model, karena gambar diatas terlalu kecil kita tidak dapat melihatnya secara detail, berikut saya tampilkan beberapa gambar seperti cover majalah ternama "Rolling stone" yang menggunakan teknik ini (Menyisipkan teks dibelakang model) :





Untuk membuatnya kita bisa menggunakan aplikasi Photoshop atau Corel Draw, tetapi untuk tutorial ini saya menggunakan aplikasi Corel Draw saja. Langsung saja kita lihat tutorialnya :

 

Langkah 1

Buka gambar wanita.jpg (gambar ini kita jadikan sebagai latihan saja, kamu bisa menggunakan gambar lain yang sejenis) klik menu File > Import (Ctrl+I). Kamu bisa mendownload gambar wanita disini.


Langkah 2

Klik menu Edit > Duplicate (Ctrl+D) untuk membuat duplikat pada foto. Sekarang kita mempunyai 2 foto, kalau kita geser kira-kira seperti ini.


Langkah 3

Dengan Bazier tool buat garis pada si model. Lakukan seperti terlihat pada gambar. Kita tidak trace seluruh badan si model karena kita hanya membutuhkan bagian kepala sampai bahu saja.

Langkah 4
Aktifkan Pick tool pilih objek hasil trace dan foto, pada property bar pilih Intersect.


Langkah 5

Selanjutnya hapus objek (garis merah) karena kita tidak membutuhkannya lagi.


Langkah 6

Aktifkan teks tool lalu tulis teks apa saja sesuka kamu, sebagai contoh saya menuliskan WINTER FASHION (Huruf besar dan pilih warna mencolok karena ini sebagai judul dari sebuah majalah). Disini saya menggunakan jenis font Palatino Linotype.


Langkah 7

Ketika teks masih terpilih, klik kanan pada opsi yang muncul pilih order > Back one (Ctrl+pgDn). Untuk memindahkan teks satu lapis ke belakang. Inilah trik yang sering kita lihat pada cover majalah yaitu teks disisipi dibelakang si Model.




 

Langkah 8

Selanjutnya kita akan membuat efek glow pada teks, copy dan paste teks lalu beri warna putih.

Langkah 9

Klik menu Bitmaps > Convert to bitmaps pada kotak dialog langsung saja klik Ok.

Langkah 10

Klik lagi menu Bitmaps > Blur > Gaussian blur, pada kotak dialog isikan Radius : 15.0 pixels.


Langkah 11

Selanjutnya tekan Ctrl+PgDn 2 kali untuk memindahkan teks putih ke belakang teks asli.


Langkah 12

Geser teks putih kearah kanan dengan menekan tanda panah kanan di keyboard.


Final

Inilah hasil yang kita peroleh, ini adalah salah satu trik yang sering digunakan pada desain cover majalah.  Yaitu menyisipkan teks dibelakang si model. Semoga bisa memberi inspirasi.


Kamu bisa menambahkan teks dan lainnya sebagai pemanis cover.


 Ini apabila cover majalah sudah dicetak.





About Author :

Hai nama Saya Muhammad godc, Saya adalah seorang Blogger, Author dan Freelance. Ditengah kesibukan saya selalu menyempatkan diri untuk menulis tutorial di Blog ini. Saya telah menerbitkan beberapa buku Photoshop.

Related post:

No comments:

Post a Comment

Berlangganan via email

Subscribe via RSS Feed Jika Anda suka dengan artikel di Blog ini klik disini, atau berlangganan untuk mengikuti berita terbaru dari Lordgodc Art. GRATIS.

Temui kami di Facebook

Designed ByBlogger Templates