27 Jan 2015

Pengguna pemula Photoshop tidak disarankan menggunakan plugin

Plugin merupakan aplikasi kecil yang di install/pasang ke dalam aplikasi besar ( dalam hal ini Photoshop) yang berfungsi untuk mempermudah dan meningkatkan fungsional aplikasi induk (Photoshop).










Plugin bersifat instan dan mudah dioperasikan, hanya beberapa pengaturan saja kita dapat menghasilkan efek-efek foto yang mengesankan. Plugin digunakan oleh para professional yang sudah menguasai banyak teknik tentang Photoshop, mereka menggunakan plugin biasanya untuk proyek yang banyak yang membutuhkan waktu lama apabila menggunakan fitur dasar Photoshop.

Untuk para pemula yang sedang mendalami teknik Photoshop tidak disarankan menggunakan plugin di khawatirkan akan menggangu proses belajar (menjadi malas dan berfikir instan) kuasai banyak teknik dengan tool dasar Photoshop lebih baik dari pada menggunakan plugin yang sifatnya instan.

Semua membutuhkan proses belajar untuk mencapai sesuatu yang diinginkan, tergantung kemauan dan ketekunan dalam menjalaninya. Begitu juga dalam menguasai teknik di Photoshop membutuhkan proses dan kerja keras.
Source


Pengalaman pribadi, saya menggunakan plugin Photoshop setelah kurang lebih 5 tahun belajar Photoshop, di awal belajar saya tidak tahu dan tidak mau tahu tentang plugin bahkan saya “membenci” plugin.

Contoh kasus :

Si A dalam membuat sebuah karya di Photoshop selalu menggunakan plugin, plugin-plugin tersebut sudah ditanam dilaptop si A. Dengan plugin si A membuat karya dengan bagus.

Singkat cerita

Pada sebuah kesempatan si A melamar pekerjaan disebuah perusahaan cetak, untuk tes awal si A diperintahkan untuk membuat sebuah cover buku dengan teknik manipulasi, karena di PC/laptop di perusahaan tersebut tidak terinstal plugin seperti laptop miliknya akhirnya si A yang sudah terbiasa menggunakan plugin tidak dapat membuat sebuah karya sebagus ketika menggunakan plugin.

Source

Itulah mengapa untuk pemula Photoshop tidak saya sarankan menggunakan plugin tetapi kalau Anda bersikeras ingin mencoba dan menggunakan plugin silahkan saja saya hanya menyarankan, semua terserah Anda.

Demikianlah artikel ini, di atas sudah saya paparkan tentang penggunaan plugin yang tidak saya sarankan untuk pengguna pemula Photoshop. Sekarang giliran Anda yang berpendapat!!silahkan tulis pendapat Anda pada kotak komentar.




About Author :

Hai nama Saya Muhammad godc, Saya adalah seorang Blogger, Author dan Freelance. Ditengah kesibukan saya selalu menyempatkan diri untuk menulis tutorial di Blog ini. Saya telah menerbitkan beberapa buku Photoshop.

Related post:

No comments:

Post a Comment

Berlangganan via email

Subscribe via RSS Feed Jika Anda suka dengan artikel di Blog ini klik disini, atau berlangganan untuk mengikuti berita terbaru dari Lordgodc Art. GRATIS.

Temui kami di Facebook

Designed ByBlogger Templates