17 Oct 2015

Sebelum mendesain sebaiknya Anda mengenal Psikologi warna

Warna merupakan salah satu komponen dalam desain grafis, sebuah desain yang menarik (eye catching) tidak terlepas dari kesesuaian warna-warna yang digunakan. Warna akan menimbulkan persepsi psikologis, sugesti dan suasana tertentu. Warna juga dapat mempersepsikan suasana hati seseorang atau pesan tertentu.
 






Kuning

Warna ini dikenal sebagai warna lembut yang menenangkan, warna kuning mempunyai kemampuan untuk menciptakan perasaan hangat. Kuning cocok disandingkan dengan warna apapun. Warna kuning mempunyai citra semangat, ceria, spontan, pengecut, kreatif.

 

Biru

Warna biru lembut menyiratkan sikap perdamaian, kebijaksanaan dan keyakinan, biru dianggap warna yang bersih jadi cocok untuk kamar mandi dan tidak cocok untuk dapur karena dapat merusak selera makan karena jarang ada makanan yang berwarna biru. Warna biru mempunyai citra cerdas, integratif, kooperatif, teknologi.

 

Merah

Secara psikologis warna merah mampu meningkatkan gairah dan rangsangan. Warna merah tidak dianjurkan dalam sebuah negoisasi, rumah sakit, kantor polisi karena akan memperuncing amarah. Warna merah mempunyai citra energi keberanian, kemauan keras, aktif, agresif, kemauan keras.

 

Hijau

Warna hijau merupakan warna yang menyegarkan dan dikenal mampu memperkuat rasa percaya diri serta menunjukan harapan, oleh karena itu warna hijau biasa digunakan untuk relaksasi, menenangkan pikiran.

 

Putih

Warna ini mewakili kebersihan dan kesucian, putih juga melambangkan damai dan sukacita. Warna putih dapat dipadukan dengan warna apapun.

 

Coklat

Warna ini mempersentasikan kenyamanan, antik, solidaritas, kekuatan, matang , tenang, dewasa. Warna coklat tidak cocok digunakan untuk produk-produk teknologi tinggi karena mempersentasikan anti masa depan.

 

Hitam

Warna hitam dikenal dengan warna yang berkelas, elegant, canggih, horror, misteri, kepatuhan, abadi. Warna hitam sering diaplikasikan pada poster film horror agar terkesan mencekam. Dalam dunia fashion pakaian gelap membuat pemakainya terlihat lebih langsing.
 

 

Perak

Secara psikologis perak melambangkan kesabaran, refleksi, ketekunan, bermartabat. Warna perak sering diaplikasikan pada produk-produk hi-tech dan masa depan.

 

Abu-abu

Warna abu-abu dapat diartikan kesedihan, tidak berpihak, kesederhanaan, kedewasaan, futuristic, millennium. Warna abu-abu berfungsi sebagai latar belakang yang baik untuk warna lain.

Semoga artikel ini bermanfaat, silahkan menambahkan dikotak komentar apabila ada yang terlewat dalam artikel ini.

sumber : Berbagai sumber
 
Share ke teman-teman Anda.


About Author :

Hai nama Saya Muhammad godc, Saya adalah seorang Blogger, Author dan Freelance. Ditengah kesibukan saya selalu menyempatkan diri untuk menulis tutorial di Blog ini. Saya telah menerbitkan beberapa buku Photoshop.

Related post:

No comments:

Post a Comment

Berlangganan via email

Subscribe via RSS Feed Jika Anda suka dengan artikel di Blog ini klik disini, atau berlangganan untuk mengikuti berita terbaru dari Lordgodc Art. GRATIS.

Temui kami di Facebook

Designed ByBlogger Templates