17 Nov 2015

Dimanakah Desainer grafis bekerja?

Beberapa waktu yang lalu kami berbincang-bincang dengan seorang teman, setelah beberapa lama bicara tentang desain dan komponennya, tiba-tiba muncul pertanyaan yang merupakan sebab lahirnya tulisan ini. Dimanakah Desainer grafis bekerja?
Desain grafis dapat dipelajari secara otodidak maupun melalui sekolah desain. Dengan pesatnya kemajuan teknologi seperti sekarang ini banyak tutorial-tutorial tentang desain grafis yang dapat di akses secara gratis asal ada kemauan dan niat untuk belajar, buku-buku tutorial tentang  desain pun banyak lahir dari tangan seniman-seniman digital yang ingin berbagi ilmunya melalui buku atau situs pribadinya. 

Belajar secara otodidak lahir dari keinginan yang kuat dari seseorang yang memang mau belajar atau menyalurkan hobinya. Kelemahan dari seseorang yang belajar desain secara otodidak adalah tidak mempunyai “selembar kertas” yang disebut ijazah. Karena dinegara ini masih mengutamakan ijazah dibanding skill atau kemampuan seseorang. Oke langsung saja kita bahas dimana saja desainer grafis bekerja baik yang belajar secara otodidak maupun yang sekolah desain.

1. Personal / Freelance

Seorang freelance dapat menentukan sendiri gaji yang diterimanya setiap bulan. Dia menjadi Bos untuk dirinya sendiri, biasanya seorang freelance mempunyai skill yang mumpuni (professional) karena mempunyai banyak pengalaman dan relasi. Dia lebih suka bekerja sendiri dengan alasan pendapatan yang diterima tidak dipotong perusahaan atau karyawan lain.
Ada beberapa freelance yang dapat Anda geluti :

A. Menjadi rekanan perusahaan tanpa masuk ke dalamnya.
Desainer grafis bekerja freelance untuk perusahaan yang membayarnya, seperti pembuatan iklan, brosur, logo dll. Mempunyai kebebasan waktu dan finansial adalah keuntungan dari bekerja seperti ini.

B. Menulis buku, E book dan membuat video tutorial.
Menulis buku tutorial adalah pekerjaan yang menantang, selain mampu merancang gambar Anda juga dituntun untuk bisa menulis step by step agar pembaca mampu menangkap maksud tulisan Anda. Selain uang Anda juga akan dikenal banyak orang dan mempunyai nilai ibadah karena membagikan ilmu secara nyata.
Anda juga bisa menulis tutorial-tutorial disitus luar negeri yang mau membayar, ini adalah salah satu pekerjaan yang menyenangkan. Selain menulis Anda juga bisa membuat tutorial dalam bentuk video dan mengunggahnya ke Youtube, Anda akan mendapatkan uang setelah menjadi Mitra Youtube.

C. Ikuti kontes desain di Situs Online
Situs desain grafis yang setiap harinya mengadakan kontes untuk berbagai jenis desain seperti logo, brosur, poster dll diantaranya Sribu.com, 99design dll. Banyak teman-teman yang mendapatkan puluhan juta setiap bulannya dari kontes-kontes seperti ini.

2. In House company

Di sini Desainer grafis bekerja diperusahaan yang bergerak bukan di bidang jasa desain melainkan mengerjakan desain-desain untuk promo perusahaan itu sendiri seperti brosur/flyer, poster, seragam karyawan dll.

3. Biro jasa desain

Desainer grafis bekerja untuk membuat desain pesanan dari pihak lain atau order pihak ketiga, di sini desainer grafis selain mendapatkan gaji pokok juga mendapatkan honor dari setiap project.

 

4. Pendidikan

Menjadi tenaga pengajar disekolah-sekolah desain, tempat kursus atau private desain.

Terima kasih semoga bermanfaat, kalau ada yang mau menambahkan silahkan tulis dikolom komentar.



About Author :

Hai nama Saya Muhammad godc, Saya adalah seorang Blogger, Author dan Freelance. Ditengah kesibukan saya selalu menyempatkan diri untuk menulis tutorial di Blog ini. Saya telah menerbitkan beberapa buku Photoshop.

Related post:

No comments:

Post a Comment

Berlangganan via email

Subscribe via RSS Feed Jika Anda suka dengan artikel di Blog ini klik disini, atau berlangganan untuk mengikuti berita terbaru dari Lordgodc Art. GRATIS.

Temui kami di Facebook

Designed ByBlogger Templates